-->

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Hallo, berjumpa lagi diblog Abdi, kali ini Saya akan membahas cara memblokir akses internet aplikasi di sistem operasi Windows 10. Entah itu untuk menghemat kuota internet sobat atau untuk kegunaan lainnya.

Untuk memblokir akses internet aplikasi, sobat dapat menggunakan aplikasi Firewall.

Firewall adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengawasan lalu lintas jaringan, maksudnya mengizinkan lalu lintas jaringan yang aman sehingga dapat melaluinya dan memutuskan lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.


Bagi pengguna sistem operasi Windows, Windows telah menyediakan aplikasi Firewall bawaan yang bernama Windows Firewall.

Memblokir Akses Internet Aplikasi Dengan Windows Firewall

1. Klik tombol Search yang berada di taskbar, lalu ketik Windows Firewall di kolom search. Maka akan muncul aplikasi Windows Firewall, silahkan klik aplikasi tersebut atau tekan enter untuk membuka aplikasinya.

2. Maka akan terbuka jendela aplikasi Windows Firewall, disni sobat pilih Allow an app or feature through Windows Firewall.

3. Lalu klik Change settings.


4. Nah disini sobat bisa memberikan akses internet aplikasi dengan mencentang aplikasi yang diinginkan, kalau ingin memblokir akses internet aplikasi jangan mencentang aplikasi tersebut. Jika sudah memilih, silahkan klik OK.


Maka sobat sudah berhasil memblokir aplikasi untuk tidak bisa mengakses internet, namun jika sobat tidak menemukan aplikasi yang dicari, sobat bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini :

1. Buka aplikasi Windows Firewall.

2. Lihat sisi kiri layar sobat, silahkan klik Advanced Settings.


3. Maka akan muncul jendela Windows Firewall with Advanced Security, disini sobat pilih Outbound Rules.


4. Lihat sisi kanan layar sobat, silahkan sobat pilih New Rule...


5. Pilih Program lalu klik Next >.


4. Karena Saya hanya ingin memblokir 1 aplikasi saja, maka Saya pilih This program path:, lalu klik Browse...


5. Maka akan muncul jendela File Manager disini sobat cari lokasi aplikasi atau program yang ingin sobat blokir, pastikan juga aplikasinya berformat exe. Jika sudah menemukannya silahkan klik dua kali aplikasi tersebut, lalu klik Next >




7. Silahakn pilih Block the connection, lalu klik Next >


8. Pastikan ketiga pilihan Domain, Private dan Public telah tercentang, lalu klik Next >


9. Tulis nama aplikasi dan deskripsi singkat perubahan pengaturan aplikasi tersebut, jika sudah silahkan klik Finish



10. Maka sobat akan diarahkan kembali ke jendela Outbound Rules, disini sobat akan melihat aplikasi yang baru saja sobat blokir muncul diawal. Sampai disini sobat telah berhasil memblokir akses internet aplikasi yang sobat pilih. Namun jika ingin aplikasi yang sobat pilih dapat mengakses internet lagi, silahkan klik aplikasi di daftar Outbound Rules maka akan akan muncul opsi untuk aplikasi yang sobat pilih, silahkan sobat pilih Delete, maka sobat telah berhasil memberikan izin akses internet pada aplikasi tersebut.


Tapi perlu dipahami tidak semua aplikasi atau program yang sobat blokir akses internet dengan Windows Firewall dapat bekerja dengan sempurna, nah jika dirasa Windows Firewall tidak bekerja dengan sempurna sobat dapat mencari aplikasi Firewall lain untuk Windows 10 di internet.

Jika sobat masih bingung dengan langkah-langkah diatas silahkan sobat bertanya di kolom komentar.

0 Response to "Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel