-->

Cara Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded

Beberapa pengguna WordPress mungkin pernah mengalami masalah saat melakukan update plugin, tema, ataupun update WordPres bahkan saat menerbitkan artikel akan muncul pesan seperti ini "Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded". Jika Anda pernah mengalami masalah tersebut dan sedang mencari solusi untuk mengatasinya, maka di artikel ini Saya akan membahas Cara Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded. Tapi sebelum mengatasinya sebaiknya kita ketahui dahulu penyebab terjadinya masalah ini.



Apa Itu Pesan Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded?


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded

Pesan "Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded" ini muncul ketika kita sedang meng-update atau memperbaharui plugin, tema, WordPress, saat download sebuah file di website dan beberapa operasi lainnya di website. Penyebab utamanya adalah waktu untuk memproses kode PHP, melebihi nilai yang telah di tentukan atau default.

Secara default waktu yang telah di tentukan untuk memproses kode PHP di pengaturan PHP adalah 30 detik, maka jika proses kode PHP membutuhkan waktu yang melebihi waktu yang telah di tentukan maka akan muncul pesan "Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded". Pengaturan ini bertujuan supaya hardware yaitu prosesor tidak berkeja secara terus-menerus.

Ini di takutkan apabila terdapat kode yang salah, seperti infinity loop yang membuat prosesor terus-menerus bekerja, ini akan membuat prosesor cepat panas yang mengakibatkan peforma prosesor munurun.



Cara Memperbaiki Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded

Cara untuk memperbaiki pesan kesalahan ini adalah dengan mengubah pengaturan waktu proses PHP. Berikut ini langkah-langkah mengubah waktu proses PHP :

Seluruh pengaturan PHP berada di dalam file php.ini, jika Anda menggunakan XAMPP maka file ini bisa Anda temukan di folder xampp/php/php.ini. Buka file php.ini dengan aplikasi text editor seperti Notepad atau Notepad++.

File php.ini

Atau juga bisa membuka file php.ini melalui XAMPP Control Panel, lalu klik Config dan pilih (PHP) php.ini. Maka file php.ini akan langsung terbuka di aplikasi Notepad.

File php.ini melalui XAMPP Control Panel

Setelah file php.ini terbuka silahkan cari kode max_execution_time atau agar lebih mudah silahkan tekan tombol kombinasi Ctrl + F. Maka akan terbuka kolom pencarian lalu ketikan kode max_execution_time di kolom pencarian lalu tekan Enter.

Cari kode max_execution_time

Setelah ketemu, maka Anda akan melihat nilai dari max_execution_time adalah 30, yang artinya kode PHP yang di proses akan di beri waktu 30 detik untuk menyelesaikannya. Silahkan Anda ubah nilai atau angka 30 menjadi 300, yang artinya kode PHP yang di proses akan di beri waktu 5 menit untuk menyelesaikannya. Anda juga bisa mengubah nilai tersebut sesuai keinginan Anda.

Ubah nilai dari max_execution_time

Jika sudah silahkan Save file tersebut, kemudian restart Apache dari XAMPP Control Panel dengan klik tombol Stop di Apache lalu klik tombol Start.

Apache klik tombol Stop


Apache klik tombol Start

Klik tombol Apache Start

Langkah di atas bukan untuk menghilangkan pesan "Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded" tetapi untuk meningkatkan waktu proses PHP. Pesan masalah di atas akan tetap muncul jika waktu untuk memproses kode PHP telah melebihi waktu yang telah di tentukan di pengaturan file php.ini.



Itulah cara untuk mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded. Nantikan artikel-artikel lainnya hanya di blog Mas Abdi.

0 Response to "Cara Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel