-->

Cara Untuk Masuk Safe Mode Di Windows 8 & 10

Safe mode adalah salah satu fitur yang terdapat di sistem operasi Windows yang digunakan untuk melakukan troubleshooting apabila terjadi masalah. Mulai dari program yang tidak berjalan secara normal hingga menghapus virus.

Dalam safe mode, Windows hanya akan menjalankan berbagai driver serta program yang penting saja, dengan begitu berbagai pengaturan serta aplikasi yang bermasalah tidak akan berjalan dan sobat bisa memperbaiki tanpa ada gangguan.

Terdapat beberapa cara untuk masuk safe mode di sistem operasi Windows 10, berikut ini caranya :

Melalui System Configuration

Pertama buka Search bar di taksbar, lalu ketikan msconfig atau System Configuration dan tekan enter.


Maka jendela System Configuration akan muncul, silahkan tekan tab Boot lalu centang safe boot, maka akan ada 4 metode safe boot yang bisa sobat pilih, berikut ini penjelasannya :


Minimal : menjalankan safe mode yang menjalankan driver dan progran yang penting saja, dengan tampilan Windows GUI.

Alternete shell : menjalankan safe mode dengan program Command Prompt tanpa tampilan Windows GUI, di mode ini sobat tidak akan bisa menggunakan mouse yang bisa hanya keyboard.

Active Directory repair : menjalankan safe mode yang memiliki akses ke komponen komputer, mode ini sangat cocok untuk digunakan ketika gagal memasang perangkat keras baru.

Network : menjalankan safe mode dengan tambahan driver dan service yang digunakan untuk mengakses jaringan serta menggunakan tampilan Windows GUI.


Silahkan pilih salah satu dari keempat pilihan tersebut, jika sudah memilih silahkan klik Apply lalu tekan OK, maka akan muncul jendela baru pilih saja Restart, maka komputer akan restart untuk masuk safe mode.

Setelah komputer sobat telah selesai restart maka sobat telah berhasil masuk safe mode.

Menggunakan Tombol F8

Cara masuk safe mode dengan menekan tombol F8 pada saat booting kemudian memilih jenis safe mode yang akan digunakan, cara ini sangat umum digunakan karena sangat mudah mengakses safe mode.

Sayangnya di Windows 10 cara mengakses dengan menekan tombol F8 ini ditiadakan dengan tujuan mempercepat proses booting. Namun tenang sobat masih bisa menggunakan cara ini, berikut langkah-langkahnya :

Klik kanan di tombol Start lalu pilih Command Prompt (Admin)



Maka akan muncul jendela peringatan dari User Account Control tekan saja Yes.


Setelah Command Prompt (Admin) terbuka silahkan ketik tulisan dibawah ini :

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

Selanjutnya silahkan tekan enter lalu restart komputer sobat, pada saat booting silahkan tekan tombol F8 untuk masuk safe mode.

Jika sobat ingin menonaktifkan cara ini, silahkan buka lagi Command Prompt(Admin) lalu ketikan tulisan dibawah ini :

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Selanjutnya tekan enter, lalu tutup program Command Prompt (Admin), maka sobat berhasil menonaktifkan tombol F8 untuk mengakses safe mode pada saat booting.

Melalui Advanced Startup

1. Masuk ke Setting (Pengaturan).


2. Silhkan pilih Update and security (Pembaharuan dan keamanan).


3. Selanjutnya pilih Recovery (Pemulihan) yang berada di bilah menu kanan, lalu klik Restart Now (Hidupkan ulang sekarang) pada menu Advanced startup (Pengaktifan lanjutan), maka secara laptop akan restart untuk masuk ke menu Choose an option.


4. Pilih Troubleshoot.


5. Pilih Advanced options.


6. Pilih Startup settings, lalu klik Restart.


6. Setelah restart maka akan ada menu Starup Settings, karena sobat ingin masuk Safe Mode silahkan tekan tombol F4, jika ingin masuk Safe Mode dengan Networking silahkan tekan tombol F5 dan jika ingin masuk Safe Mode dengan Command Prompt silahkan tekan tombol F6 pada keyboard sobat.


7. Maka komputer akan masuk Safe Mode.

Itulah beberapa cara untuk masuk Safe Mode di Windows 10, jika sobat masih bingung silahkan bertanya di kolom komentar.

0 Response to "Cara Untuk Masuk Safe Mode Di Windows 8 & 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel