Belajar HTML Bagian 5 : Cara Membuat Struktur Dasar HTML

Setiap dokumen HTML memiliki struktur dasar yang terdiri dari tag DOCTYPE, HTML, HEAD dan BODY. Agar lebih mudah dipahami silahkan buka Teks Editor sobat, lalu ketikan kode dibawah ini.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Dokumen</title>
</head>
<body>
    <p>Mari belajar HTML</p>
</body>
</html>

Simpan sebagai Dokumen.html lalu buka di browser.

Pengertian Tag DOCTYPE

Tag DOCTYPE berfungsi untuk memberitahu browser versi dari HTML yang digunakan. Perlu sobat ketahui HTML memiliki beberapa versi, pada contoh Dokumen.html diatas, Saya menggunakan <!DOCTYPE html> untuk versi HTML 5. Nah, untuk versi xHTML 1.1 tag DOCTYPE seperti dibawah ini.

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.1//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml11/DTD/xhtml11.dtd"> 

Jika sobat tidak menuliskan tag DOCTYPE di dokumen HTML, maka browser akan tetap menerjemahkannya, namun dokumen HTML tersebut akan diterjemahkan pada mode khusus yang disebut Quirks Mode.

Quirks mode adalah mode khusus untuk menerjermahkan kode HTML versi lama, kode HTML versi lama memiliki perbedaan penerjemahan pada setiap browser karena pada waktu itu penyedia browser seperti Internet Explorer dan Netscape tidak menerapkan standar W3C. Penyedia browser malah menerjemahkan HTML sesuai standar mereka sendiri.

Seiring dengan waktu, penyedia browser mulai menerapkan standar W3C. Tetapi penyedia browser mengalami masalah yaitu jika penyedia browser mengikuti standar W3C, maka akan ada jutaan web yang sudah ada semenjak dahulu akan rusak karena penerjemahan HTML yang berbeda.

Maka penyedia browser mengakalinya dengan menambahkan tag DOCTYPE untuk HTML yang menerapkan standar W3C. Jika browser tidak menemukan tag DOCTYPE maka dianggap menggunakan HTML versi lama maka penerjemahannya pada mode Quirks mode. Sedangkan jika menggunakan HTML yang sesuai standar W3C cukup menuliskan tag DOCTYPE yang sesuai dengan versi HTML yang akan dibuat atau biasa disebut dengan Standards compliance mode

Bagi sobat yang ingin mengetahui browser yang berjalan pada Standards compliance mode atau Quirks mode silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Dokumen.html di browser Firefox.

2. Klik kanan di sembarang tempat, lalu pilih Lihat Informasi Laman


3. Maka akan muncul jendela Informasi Laman, pada bagian Mode Render akan terlihat apakah Standards compliance mode (Mode pemenuhan standar) atau Quirks mode (Mode "quirk").



Tag HTML

Semua kode HTML yang sobat buat akan ditaruh didalam tag HTML. Tag ini dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>.

Tag HEAD

Tag HEAD digunakan untuk menyimpan berbagai informasi seperti kode CSS, JavaScript dan kode lainnya yang tidak akan tampil di browser.

Dalam contoh Dokumen.html, terdapat tag <title> yang berada didalam tag <head>...</head>. Tag <title> digunakan untuk menampilkan judul dari sebuah halaman web, yang akan ditampilkan pada tab browser.



Tag BODY

Tag BODY akan berisi semua elemen HTML yang akan tampil di browser seperti paragraf, gambar, tabel dan lain-lainnya.

Perlu diperhatikan tag HTML, HEAD dan BODY akan selalu diakhiri dengan tag penutup, contohnya seperti ini.

<html>
 <head>...</head>
 <body>...</body>
</html>

Pada artikel selanjutnya sobat akan mempelajari Pengertian Tag Elemen dan Tag Atribut pada HTML.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

Kumpulan Pantun Jenaka