UC Browser Mendadak Menghilang Dari Google Play Store


UC Browser, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi browser android ini? Aplikasi yang populer di kalangan anak muda ini memang memiliki kelebihan dari akselerasi download manager-nya yang terbilang cepat dalam mendownload, sehingga banyak digunakan untuk keperluan download film, musik dan file lainnya yang membutuhkan akses download cepat, akan tetapi UC Browser hilang secara tiba-tiba di toko aplikasi Android yaitu Google Play Store pada Rabu (15/11/2017). Kejadian ini diketahui pertama kali oleh seorang warganet yang kemudian mem-posting di platform Reddit.

Anda mungkin akan mengatakan bahwa UC Browser masih ada di Google Play Store, tetapi jika sobat periksa lagi yang tersedia di Google Play Store adalah aplikasi UC Browser Mini, bukan UC Browser utama.


Pengguna berasumsi, hilangnya UC Browser dari Google Play Store dikarenakan UC Browser sempat dilaporkan karena diduga mencuri data sensitif penggunanya secara diam-diam. Data tersebut kemudian diklaim dikirim tanpa persetujuan pengguna ke server terpencil di China.

Pada 2015, peneliti asal Kanada mengklaim jika pengguna UC Browser versi bahasa China dan Inggris mudah dilacak lokasinya, mengambil detail pencarian pengguna di internet, dan juga mengambil nomor telepon pengguna.

Banyak pengguna Reddit yang menduga bahwa hilangnya UC Browser dari Google Play Store adalah akibat dari serentetan tuduhan tersebut. Belum ada konfirmasi baik dari UC Web sebagai induk UC Browser maupun Google selaku penyedia platform Play Store.

UC Browser sebelumnya sempat membantah semua tuduhan seperti yang disebut di atas.

"Kita tidak akan melakukan apa pun yang akan merusak kepercayaan pengguna kami. Keamanan dan privasi sangat serius", kata UC Web kepada Hindustan Times beberapa waktu lalu.

UC Browser merupakan peramban mobile yang dikembangkan oleh UC Web yang bernaung di bawah raksasa teknologi China yaitu Alibaba Group. Hilangnya UC Browser ini hanya terpaut sepekan setelah jumlah pengunduh UC Browser di Play Store tembus angka 500 juta.

Pada 2016 lalu, UC Browser mengklaim memiliki total 420 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Sambil menunggu kepastian kapan UC Browser akan kembali di Play Store, aplikasi UC Browser Mini bisa dijadikan alternatif. Aplikasi ini merupakan versi ringan dari UC Browser untuk smartphone kelas low-end, dan masih tersedia di Play Store.

Apakah setelah UC Browser hilang dari Google Play Store, UC Browser Mini akan juga hilang? kita lihat saja nanti.

Kabar baik Untuk Para Blogger

Di balik hilangnya aplikasi UC Browser dari Google Play Store ternyata menjadi kabar baik dan bahagia bagi para blogger, kenapa? UC Browser bisa dibilang merugikan para blogger karena UC Browser memblokir semua iklan yang tayang dari sebuah blog atau website. Hal ini tentu saja membuat pendapatan dari setiap blogger berkurang.

Sekian informasi dari Saya, nanti akan Saya update artikelnya jika ada kabar terbaru dari UC Browser.

0 Response to "UC Browser Mendadak Menghilang Dari Google Play Store"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel