Belajar HTML Bagian 6 : Pengertian Tag, Elemen Dan Atribut Pada HTML

Pengertian Tag HTML

HTML merupakan sebuah bahasa markup yang memberitahu browser untuk apa fungsi sebuah teks yang ditandai. Apakah teks yang tandai akan menjadi miring, tebal atau sebagai link. Dalam HTML teks penanda dikenal dengan istilah tag.

Hampir semua tag di dalam HTML ditulis berpasangan, yakni tag pembuka dan tag penutup, dimana teks yang ditandai oleh tag berada didalam tag pembuka dan tag penutup.

Berikut ini contoh penulisan tag HTML :

<tag_pembuka> Teks </tag_penutup>

Sebagai contoh Saya akan menandai objek yaitu teks yang akan menjadi miring :

<i> Teks miring </i>

<i> adalah tag pembuka, dalam contoh diatas i adalah tag untuk membuat teks menjadi miring.

</i> adalah tag penutup, perbedaan antara tag pembuka dan penutup terletak pada penambahan tanda garis miring "/" pada tag penutup.

Jika sobat lupa memberi tag penutup, maka jika dibuka dibrowser akan tetap menampilkan teks menjadi miring, karena browser secara otomatis akan memberi tag penutup.

Sebagai contoh bukalah text editor sobat lalu ketikan kode dibawah ini :

<i> Teks miring

Jika sudah simpan file tersebut dengan nama Teks dan formatnya html, lalu buka file tersebut dibrowser. Maka teks akan tetap miring walau tidak diberikan tag penutup.

Sekarang sobat klik kanan disembarang tempat lalu pilih Inspeksi, disini sobat akan melihat tag penutup walaupun sobat tidak memberikan tag penutup tapi browser akan secara otomatis memberikan tag penutup.


Walaupun memudahkan sobat jika lupa memberikan tag penutup namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan, karena jika sobat membuat banyak sekali tag yang berbeda misalnya teks yang satu menjadi miring yang satu lagi menjadi tebal. Maka jika dibuka dibrowser teks yang pertama akan menjadi miring namun untuk teks kedua akan menjadi miring dan tebal.

Sebagai contoh bukalah text editor sobat lalu ketikan kode dibawah ini :

<i> Teks miring <b> Teks tebal

Lalu buka dibrowser maka akan terlihat Teks tebal seharusnya menjadi tebal saja bukan menjadi miring dan tebal. Maka untuk itu sobat harus memeriksa kode yang telah dibuat untuk menghindari kesalahan ini.


Terdapat beberapa tag yang tidak memiliki pasangan tag penutup seperti tag <br> untuk pindah baris, <hr> untuk garis horizontal. Tag ini dikenal dengan sebutan self closing atau void tag, untuk penulisan bisa ditulis <br> ataupun  <br/>.
HTML tidak case-sensitif maksudnya setiap penulisan tag dianggap sama, sebagai contoh penulisan tag <i> dianggap sama dengan <I>. Programmer web sering menggunakan huruf kecil untuk seluruh tag.

Pengertian Element HTML

Element merupakan isi yang berada pada tag, maksudnya isi yang ada didalam tag pembuka dan tag penutup.

Sebagai contoh perhatikan kode HTML dibawah ini :

<i> Teks miring </i>

i yang berada diantara "<" dan ">" merupakan Element.

Pengertian Atribut HTML

Atribut adalah informasi tambahan yang ditulis didalam di tag pembuka. Informasi ini bisa berupa perintah untuk merubah warna teks, memperbesar huruf dan lain-lainnya. Setiap atribut memiliki pasangan yaitu nama (name) dan nilai (value), kalau ditulis akan seperti ini name="value". Value diapit tanda kutip, bisa menggunakan tanda kutip satu(') atau dua (").

Contoh atribut HTML :

<h1 align="center"> Teks berada ditengah </h2>

Lihat kode diatas, kode align adalah nama (name) dari atribut, sedangkan center adalah nilai dari atribut tersebut.

HTML memiliki banyak atribut yang beberapa diantaranya hanya cocok untuk tag tertentu saja, sebagai contoh atribut align diatas hanya digunakan untuk tag h1, h2, dan lain-lainnya. Tidak bisa digunakan untuk tag i.

Pada artikel selanjutnya sobat akan mempelajari Cara Membuat Paragraf di HTML.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

Kumpulan Pantun Jenaka