Penggunaan dan Penulisan Tag abbr, cite, dfn dan small Dalam HTML

Pada artikel kali ini kita akan mempelajari Penggunaan dan Penulisan Tag abbr, cite, dfn dan small Dalam HTML. Keempat tag ini digunakan untuk memformat teks dalam HTML.

Penggunaan dan Penulisan Tag abbr Dalam HTML

Tag <abbr> merupakan singkatan dari Abbreviation, yang artinya "singkatan" dalam bahasa Indonesia. Tag ini digunakan untuk teks yang berupa singkatan seperti "HTML", "CSS" dan lain-lainnya. Tag ini memiliki sebuah atribut yaitu title yang digunakan untuk menampilkan singkatan berupa tooltip pada saat cursor mouse kita arahkan ke sebuah teks yang menggunakan tag <abbr>.

Tag <abbr> termasuk ke dalam tipe inline element, yang akan ditampilkan oleh web browser pada baris yang sama dengan tag lain yang berada disekitarnya.

Berikut ini contoh penulisan tag <abbr> dalam HTML :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    <h2>Saya Sedang Belajar HTML di Mas-abdi.blogspot.com</h2>
    <p><abbr title="Hypertext Markup Language">HTML</abbr> merupakan bahasa dasar untuk membuat sebuah halaman website.</p>
</body>
</html>
Tag abbr

Coba Anda arahkan cursor mouse tepat di teks "HTML", maka akan muncul singkatan untuk HTML berupa tooltip, yaitu "Hypertext Markup Language". Untuk tampilan teks yang menggunakan tag <abbr> berbeda-beda pada setiap browser.
Pada HTML versi 4.01, memiliki tag <acronym> dengan atribut <title>, yang penggunaannya sama dengan tag <abbr> yaitu menampilkan singkatan.

Namun pada HTML5, tag <acronym> sudah berstatus deprecated yang artinya sudah tidak disarankan lagi untuk digunakan dan kemungkinan tidak didukung oleh web browser. Anda mungkin masih menemukan tag ini pada website lama.

Penggunaan dan Penulisan Tag cite Dalam HTML

Tag <cite> merupakan singkatan dari Citation yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah "sebutan" untuk referensi. Untuk membuat konten atau artikel pada website, kita bisa saja dapat dari berbagai sumber, sumber-sumber tersebut kita bisa masukkan ke dalam konten website dengan menggunakan tag <cite>. Teks yang berada didalam tag <cite> akan ditampilkan dengan huruf miring.

Tag <cite> termasuk ke dalam tipe inline element, yang akan ditampilkan oleh web browser pada baris yang sama dengan tag lain yang berada disekitarnya.

Berikut ini contoh penulisan tag <cite> dalam HTML :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    <h2>Saya Sedang Belajar HTML di Mas-abdi.blogspot.com</h2>
    <p>HTML merupakan bahasa dasar untuk membuat sebuah halaman website.</p>
    
    <p>Referensi yang Saya dapatkan pada artikel kali ini adalah di website <cite>duniailkom.com</cite> dan <cite>w3schools.com</cite>.</p>
</body>
</html>
Tag cite

Penggunaan dan Penulisan Tag dfn Dalam HTML

Tag <dfn> merupakan singkatan dari Definition yang artinya "definisi" dalam bahasa Indonesia. Tag ini digunakan untuk menandai istilah yang akan didefinisikan. Teks yang berada didalam tag <dfn>, akan ditampilkan oleh web browser dengan huruf miring.

Tag <dfn> termasuk ke dalam tipe inline element, yang akan ditampilkan oleh web browser pada baris yang sama dengan tag lain yang berada disekitarnya.

Berikut ini contoh penulisan tag <dfn> dalam HTML :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    <h2>Saya Sedang Belajar HTML di Mas-abdi.blogspot.com</h2>
    <p><dfn>HTML</dfn> merupakan bahasa dasar untuk membuat sebuah halaman website.</p>
</body>
</html>
Tag dfn

Penggunaan dan Penulisan Tag small Dalam HTML

Tag <small> yang artinya dalam bahasa Indonesia "kecil", digunakan untuk membuat teks menjadi lebih kecil dibandingkan dengan teks yang berada disekitarnya. Tag <small> seharusnya sudah berstatus deprecated seperti saudaranya, tag <big>. Namun tag <small> mendapat definisi ulang pada spesifikasi HTML5, yaitu Small Imprint.

Small Imprint dimasukkan untuk teks yang berada diluar konten, seperti copyright atau legal notice. Jika Anda ingin teks tampil dengan huruf kecil, namun bukan untuk Small Imprint, maka sebaiknya Anda menggunakan CSS.

Tag <small> termasuk ke dalam tipe inline element, yang akan ditampilkan oleh web browser pada baris yang sama dengan tag lain yang berada disekitarnya.

Berikut ini contoh penulisan tag <small> dalam HTML :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    <h2>Saya Sedang Belajar HTML di Mas-abdi.blogspot.com</h2>
    <p>HTML merupakan bahasa dasar untuk membuat sebuah halaman website.</p>
    <div><small>Copyright &copy 2017 Mas Abdi</small></div>
</body>
</html>
Tag small

Tag <small> memiliki pasangan, yaitu tag <big>. Tag <big> digunakan untuk membuat teks menjadi lebih besar dibandingkan dengan teks yang berada disekitarnya.

Namun tag ini sudah berstatus deprecated pada HTML5, yang artinya sudah tidak disarankan lagi untuk digunakan dan kemungkinan tidak didukung oleh web browser. Anda mungkin masih bisa menemukan tag ini pada website lama.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

Kumpulan Pantun Jenaka