-->

Penggunaan dan Penulisan Meta Tag Charset UTF-8 Pada HTML5

Pada artikel sebelumnya Saya sudah mempelajari tentang Penggunaan dan Penulisan Meta Tag Dalam HTML. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang Penggunaan dan Penulisan Meta Tag Charset UTF-8 Pada HTML5.

Penggunaan Meta Tag Charset UTF-8 Pada HTML

Meta tag charset bukan ditunjukkan kepada mesin pencari, tetapi lebih ditunjukkan kepada web browser, karena meta tag charset ini digunakan untuk memberi perintah kepada web browser untuk menerjemahkan karakter yang ada pada halaman tersebut.

Sejarah Meta Tag Charset Pada HTML

Charset (karakter set) digunakan untuk menerjemahkan bit-bit dalam halaman HTML menjadi sebuah karakter, karakter set paling sederhana dan juga paling awal digunakan adalah karakter set ASCII. Karakter set ini terbatas pada huruf latin (a-z, A-Z) dan beberapa karakter lainnya, seperti angka, spasi, tab dan lain-lainnya dengan jumlah total 128 karakter.

Karakter set ASCII kemudian dikembangkan menjadi karakter set ANSI atau dikenal juga dengan ISO-8859-1. Karakter set ANSI mendukung hingga 256 karakter dan umumnya digunakan pada HTML 2.0 sampai dengan HTML 4.01.

Permasalahan pada karakter set ASCII dan ANSI adalah tidak mendukung karakter non-latin seperti huruf Arab, Cina, Jepang dan lain-lainnya. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dikembangkanlah karakter set untuk masing-masing bahasa, seperti karakter set BIG5 untuk Cina, X-EUC-JP untuk Jepang, ISO-8859-7 untuk Yunani dan lain-lainnya. Penulisan karakter set akan berbeda-beda tergantung karakter apa yang digunakan untuk menulis halaman HTML tersebut.

Pada awal perkembangan XHTML, diperkenalkan karakter set UTF-8 (Unicode Transformation Format-8) yang hampir mendukung seluruh karakter yang ada di dunia ini. Pada perkembangan selanjutnya, HTML5 sudah menggunakan UTF-8 sebagai karakter set standar. Dengan menggunakan meta tag charset UTF-8, kita tidak perlu lagi khawatir akan karakter yang akan kita gunakan untuk menuliskan halaman HTML, karena UTF-8 sudah mendukung lebih dari 10.000 karakter.

Penulisan Metag Tag Pada HTML

Pada HTML 4.01 dan XHTML, penulisan meta tag charset UTF-8 seperti ini :
<meta http-equiv="content-type" content="text/html;charset=UTF-8" />
Untuk penulisan meta tag charset UTF-8 pada HTML5 menjadi lebih sederhana, seperti ini :
<meta charset="UTF-8" />
Penulisan meta tag ini diletakkan diantara tag <head>...</head> sebelum tag <title>, contohnya seperti berikut ini :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <meta charset="UTF-8" />
    <title>Belajar HTML5</title>
</head>
<Body>
    <h2>Saya Sedang Belajar HTML5 di Mas-abdi.blogspot.com</h2>
    <p>Karakter set <b>UTF-8</b> sudah mendukung lebih dari 10.000 karakter.</p>
</body>
</html>
Penulisan meta tag charset pada halaman HTML sangat dianjurkan untuk digunakan, walaupun web browser saat ini akan menggunakan karakter set UTF-8 sebagai default, jika tidak ada karakter set pada halaman tersebut. Namun jika di cek oleh validator W3C, hasilnya akan error jika kita tidak menuliskan meta tag charset ini.

Pada artikel selanjutnya kita akan mempelajari tentang Pengertian Semantic Tag Pada HTML.

0 Response to "Penggunaan dan Penulisan Meta Tag Charset UTF-8 Pada HTML5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel