Cara Memunculkan Opsi Hibernate di Windows 10

Mode Hibernate sering kali menjadi andalan bagi pengguna Windows yang ingin menyimpan semua aktifitas yang sedang dikerjakan di komputer/laptop jika ingin mematikan komputer/laptop. Pada saat dinyalakan kembali komputer/laptopnya, maka program dan dokumen yang sudah dibuka sebelumnya atau aktifitas yang sedang dikerjakan sebelumnya, akan muncul kembali. Jadi, kamu tidak harus lagi membuka satu persatu program dan dokumen untuk melanjutkan lagi pekerjaan kamu.

Bagi kamu yang tidak tahu cara kerja mode Hibernate ini, Saya akan menjelaskan sedikit cara kerja mode Hibernate ini.

Cara Kerja Mode Hibernate di Windows

Hibernate ini bisa dibilang seperti "mati suri"nya komputer/laptop. Kenapa bisa begitu? berikut ini penjelasannya.

Ketika kamu lelah mengerjakan suatu pekerjaan di komputer/laptop dan ingin melanjutkan lagi pekerjaannya besok, kamu bisa menggunakan mode Hibernate ini. Saat mode Hibernate ini di nyalakan maka semua aktifitas yang ada di RAM akan dipindahkan semua ke memori Hardisk. Maksud aktifitas disini adalah program dan dokumen yang sedang dibuka, misalnya kamu mengerjakan sebuah laporan di Ms. Word.

Saat komputer/laptop dinyalakan kembali, maka RAM akan meminta kepada Hardisk untuk memindahkan semua aktifitas yang sebelumnya disimpan di memori Hardisk untuk dipindahkan ke RAM. Sehingga semua aktifitas yang kamu lakukan kemarin, seperti membuat laporan di Ms. Word akan langsung muncul kembali dan kamu bisa melanjutkan lagi pekerjaan kamu tanpa harus membuka lagi satu persatu program dan dokumennya.

Namun sayangnya, secara default opsi Hibernate ini tidak serta merta ada saat kamu menekan tombol Power menu.

Windows 10 - Opsi yang terdapat di Power menu

Untuk memunculkan opsi Hibernate pada Power menu, kamu perlu usaha sedikit, berikut ini langkah-langkah untuk memunculkan opsi Hibernate pada Power menu di Windows 10:

Cara Memunculkan Opsi Hibernate Pada Power Menu di Windows 10

1. Pertama-tama buka jendela Power Options dengan cara klik kanan pada ikon baterai yang berada dipojok kanan bawah taksbar lalu pilih Power Options.

Windows 10 - Klik kanan pada ikon baterai lalu pilih Power Options

2. Kemudian akan muncul jendela Power Options, pada jendela ini silahkan klik Choose what closing the lid does yang berada dipojok kiri atas jendela.

Windows 10 - Klik Choose what closing the lid does

3. Kemudian klik Change settings that are currently unavailable. Jika muncul jendela peringatan UAC, klik saja tombol Yes.

Windows 10 - Klik Change settings that are currently unavailable

4. Setelah itu silahkan scroll ke bawah sampai menemukan grup Shutdown settings. Untuk memunculkan tombol Hibernate pada Power menu, silahkan beri tanda centang pada Hibernate lalu klik tombol Save changes.

Windows 10 - Centang Hibernate

Silahkan cek apakah tombol Hibernate sudah muncul di Power menu, dengan cara klik logo Windows pada taskbar lalu klik tombol ikon Power. Jika terdapat opsi Hibernate, maka kamu telah berhasil memunculkan opsi Hibernate pada Power menu.

Windows 10 - Terdapat opsi Hibernate pada Power menu

Jika kamu mengalami masalah atau ada dari penjelasan Saya yang membingungkan kamu, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis

Macam - Macam Text Editor