4 Cara Cek Nomor IMEI di HP Android

International Mobile Equipment Indentity atau yang lebih sering disingkat dengan IMEI merupakan sebuah kode unik atau identitas unik dari setiap ponsel secara internasional. Jadi, setiap ponsel yang ada diseluruh dunia ini, memiliki identitas masing-masing yang tidak akan pernah sama.

Karena kode yang unik ini, tak heran setiap membeli ponsel baru kerap dicantumkan IMEI dalam nota pembelian, dusbook bahkan sampai didalam ponsel itu sendiri.

Ciri khas yang bisa dilihat dengan jelas dari kode IMEI ini adalah susunan angka yang terdiri dari 14 sampai 16 digit. Untuk ponsel keluaran terbaru biasanya berjumlah 16 digit.

Fungsi dan Kegunaan Kode IMEI Pada Ponsel

Fungsi utama dibuatnya kode IMEI adalah untuk identifikasi ponsel. Jika dibaca secara khusus, kode IMEI ini dapat menunjukkan tipe atau model ponsel serta perusahaan yang membuatnya.

Tak hanya itu saja, kode IMEI juga bisa digunakan untuk pemblokiran jaringan ketika ada yang menyalahgunakan ponsel. Contohnya ketika ponselmu dicuri, kamu bisa memberitahu kode IMEI pada ponsel yang dicuri tersebut ke provider jaringan untuk dilakukan pemblokiran jaringan agar sang pencuri tidak bisa menggunakan ponsel tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memberitahu kode IMEI pada ponsel yang dicuri tersebut ke kepolisian untuk dilakukan pelacakan. Selain itu, kamu juga bisa memastikan keaslian ponsel kamu dengan mengecek kode IMEI yang ada di sistem ponsel dan dusbook sama. Jika kode IMEI yang ada di sistem ponsel dan dusbook berbeda, maka ponsel yang kamu pegang tersebut tidak asli alias replika.

Kode IMEI Tidak Berhubungan Dengan SIM Card

Setiap kode IMEI yang tersemat di dalam sistem ponsel, tidak berkaitan dengan SIM Card. Meskipun kamu melepas SIM Card atau tidak terpasang, kode IMEI tetap akan melekat. Bahkan, ketika ponsel tersebut di reset sekalipun. Kode IMEI akan tetap sama dan menjadi nomor unik untuk pengidentifikasian.

Sayangnya, para oknum yang tidak bertanggung jawab seringkali mengganti kode IMEI yang sudah diblokir dengan kode IMEI yang masih aktif, agar ponsel tersebut bisa dipakai lagi. Solusi agar kode IMEI yang tersemat diponsel kamu tidak digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab adalah dengan tidak menyebarkan kode IMEI tersebut kepada siapapun kecuali kepada provider jaringan dan pihak berwajib.

Cara Cek Nomor IMEI di HP Android

Terdapat 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kode atau nomor IMEI di HP Android kamu, berikut ini adalah keempat caranya:

1. Cek Nomor IMEI Melalui Kode *#06#

1. Buka aplikasi Phone atau Telepon di ponsel Android kamu.

Buka aplikasi Phone atau Telepon

2. Pada keypad, silahkan ketik *#06# lalu tekan tombol call.

Pada keypad, silahkan ketikan *#06#

3. Secara otomatis akan muncul informasi mengenai nomor IMEI di HP Android kamu.

Nomor IMEI

2. Cek Nomor IMEI Melalui Menu Settings

1. Buka menu Settings atau Pengaturan.

Buka menu Settings atau Pengaturan HP Android

2. Setelah itu scrolling down sampai menemukan menu About phone atau Tentang ponsel lalu pilih. Pada merk dan tipe HP Android tertentu, tulisan menu About phone diganti dengan About device atau Tentang perangkat silahkan pilih itu.

Pilih menu About device atau Tentang perangkat

3. Silahkan pilih menu Status.

Pilih menu Status

4. Karena kita ingin mengecek nomor IMEI, maka kita pilih menu IMEI information atau Informasi IMEI.

Pilih menu IMEI information atau Informasi IMEI

5. Sampai disini, kamu bisa melihat nomor IMEI yang tersemat di HP Android kamu.

IMEI information

3. Cek Nomor IMEI Dibelakang Baterai HP

1. Matikan HP terlebih dahulu sebelum melepas baterainya.

2. Buka casing belakang HP dan lepas baterainya. Perlu diketahui, bahwa cara ini hanya berlaku untuk smartphone atau tablet yang beterainya removable alias bisa dilepas.

3. Sampai disini, kamu bisa melihat nomor IMEI yang tercetak pada label dibagian belakang baterai HP.

Nomor IMEI dibelakang baterai ponsel

4. Cek Nomor IMEI di Dusbook

Nomor IMEI tidak terletak di buku panduan, melainkan dibagian luar dusbook. Silahkan cari nomor IMEI HP kamu di luar dusbook, biasanya terletak dibagian samping atau bawah.

Nomor IMEI dibagian samping dusbook

Sekedar informasi, jika HP Android yang kamu gunakan hanya mendukung satu SIM Card, maka nomor IMEI yang tampil hanya ada satu. Sedangkan jika HP Android kamu mendukung dua SIM Card, maka kode IMEI yang tampil akan ada dua. Sekadar informasi lagi, jika HP kamu mendukung jaringan GSM biasanya menggunakan nama "IMEI". Sedangkan, jika HP kamu mendukung jaringan CDMA biasanya menggunakan nama "MEID".

Sangat mudah bukan, untuk mengecek atau melihat nomor IMEI di HP Android kamu? Dari berbagai cara diatas, Saya merekomendasikan kamu untuk melihat nomor IMEI menggunakan cara pertama atau melalui kode *#06#. Kenapa Saya merekomendasikan cara pertama? karena cara pertama itu cukup mudah untuk dilakukan daripada cara kedua sampai keempat.

Jika ada dari langkah-langkah diatas yang membingungkan kamu silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Macam - Macam Text Editor

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis