Cara Membuka / Ekstrak File ZIP dan RAR di Android Lengkap Dengan Gambar

Format file ZIP dan RAR merupakan sebuah standar kompresi data yang cukup populer di kalangan pengguna komputer serta perangkat seluler.

File ZIP dan RAR memungkinkan pengguna agar bisa menggunakan ukuran data file yang lebih kecil dalam media penyimpanan. Jadi, kapasitas penyimpanan bisa lebih efisien dan muat lebih banyak.

Biasanya kalau ingin mengekstrak file ZIP dan RAR di PC, kita menggunakan aplikasi yang bernama WinRar dan 7-ZIP. Lalu bagaimana dengan pengguna ponsel Android?

Untuk Android sendiri, sudah banyak aplikasi yang sudah tersedia di Play Store yang bisa kita gunakan untuk mengekstrak file ZIP dan RAR. Seperti, aplikasi RAR, ZArchiver, 7Zipper, Solid Explorer, ES File Explorer dan masih banyak lagi yang lain.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan menggunakan aplikasi RAR. Kenapa Saya menggunakan aplikasi RAR? karena aplikasi ini berukuran kecil, mudah untuk di gunakan dan yang paling penting tersedia gratis di Play Store.

Cara Ekstrak File ZIP dan RAR di Android

1. Download aplikasi RAR di Play Store.

Download aplikasi RAR di Play Store

2. Setelah berhasil ter-install, buka aplikasi RAR lalu cari file yang berekstensi atau berakhiran .zip atau .rar. Jika sudah ketemu, silahkan centang file tersebut (kamu juga dapat mencentang lebih dari satu file ZIP dan RAR) lalu tab ikon Ekstrak berkas (yang di lingkari warna merah).

RAR - File ZIP

3. Tab tombol OK yang berada di bawah.

RAR - Opsi ekstraksi

Terkadang ada beberapa file ZIP dan RAR yang di kasih kata sandi (password) oleh pemiliknya. Pada saat ingin mulai mengekstrak, kamu akan di suruh memasukkan kata sandi terlebih dahulu. Jika kamu mengunduh file tersebut di sebuah website, maka biasanya kata sandi nya di kasih tahu di website tersebut.

Jika sudah ketemu kata sandi nya, silahkan kamu kembali ke aplikasi RAR lalu masukkan kata sandi nya pada kolom yang tersedia. Jika sudah, silahkan kamu tab tombol OK.

RAR - Masukkan kata sandi file ZIP

4. Proses ekstrak pun di mulai, tunggulah beberapa saat sampai proses ekstrak selesai.

RAR - Proses ekstrak

5. Jika sudah selesai, akan ada sebuah folder baru yang berisi file hasil ekstrak tadi.

RAR - Hasil ekstrak

Cara Ekstrak File Yang Diperlukan Saja

Di dalam file ZIP dan RAR bukan hanya terdiri dari 1 file saja, tapi lebih dari 1 file. Tidak semua file yang ada di dalam file ZIP dan RAR kita perlukan semua. Jika kamu ingin mengekstrak beberapa file yang di perlukan saja (tidak semua file yang ada di dalam file ZIP dan RAR di ekstrak semua), silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka aplikasi RAR lalu cari file yang berekstensi atau berakhiran .zip atau .rar. Jika sudah ketemu, silahkan kamu tab file tersebut.

RAR - Tab file ZIP

2. Kamu akan langsung di arahkan ke dalam file ZIP atau RAR. Di sini silahkan kamu centang file yang menurut kamu di perlukan lalu tab ikon Ekstrak berkas.

RAR - Centang file yang menurut kamu di perlukan

3. Tab tombol OK yang berada di bawah.

RAR - Opsi ekstraksi

4. Proses ekstrak pun di mulai, tunggulah beberapa saat sampai proses ekstrak selesai. Jika sudah selesai, kamu akan langsung di arahkan menuju lokasi file hasil ekstrak tadi.

RAR - Hasil ekstrak

Selain dapat di gunakan untuk mengekstrak file ZIP dan RAR, ternyata aplikasi RAR ini juga bisa mengekstrak file TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO dan ARJ arsip.

Jika kamu mengalami masalah saat ingin mengekstrak file ZIP dan RAR, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Kata kunci: cara mengekstrak file, cara ekstrak file, cara extract file zip di android, cara ekstrak file zip di android, cara extract file, cara ekstrak file RAR, cara ekstrak file zip, cara mengekstrak file rar, cara mengekstrak file zip, cara extrack file zip di android.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Macam - Macam Text Editor

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis