-->

Cara Membuat File ZIP dan RAR Dengan Password di Android

Jika kamu ingin membuat file ZIP atau RAR, pasti kamu akan menggunakan komputer untuk melakukan hal tersebut. Tapi tahukah kamu, Android juga bisa melakukan hal tersebut?

Secara default, File Manager di Android tidak menyediakan fitur untuk membuat file ZIP atau RAR. Tapi kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di Play Store. Namun kamu jangan sembarang memilih dan meng-install aplikasi, karena bisa saja aplikasi yang kamu install minim fitur namun penuh dengan banyak iklan.

Ada beberapa aplikasi yang Saya rekomendasikan untuk membuat file ZIP dan RAR, yaitu aplikasi RAR, ZArchiver, Explorer, Solid Explorer dan ES File Explorer.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan menggunakan aplikasi RAR. Kenapa Saya menggunakan aplikasi RAR? karena aplikasi ini berukuran kecil, mudah untuk di gunakan dan yang paling penting tersedia gratis di Play Store.

Cara Membuat File ZIP dan RAR di Android

1. Download aplikasi RAR di Play Store.

Download aplikasi RAR di Play Store

2. Setelah berhasil ter-install, silahkan buka aplikasi RAR lalu cari dan centang file atau folder yang ingin kamu ubah menjadi file ZIP atau RAR. Jika sudah, silahkan tekan ikon Tambah berkas ke arsip (yang di lingkari warna merah).


3. Pada bagian yang Saya kotaki warna merah (nomor 1), kamu dapat memilih jenis format yang kamu inginkan, entah itu RAR, ZIP atau RAR 4.x. Jika sudah memilih, silahkan tekan tombol OK.

Oh ya, kamu juga dapat menambahkan kata sandi (password) untuk melindungi file tersebut dengan cara klik tombol ATUR SANDI...


Silahkan masukkan kata sandi pada kolom yang tersedia. Jika sudah, silahkan tekan tombol OK.

RAR for Android - Masukkan sandi
4. Proses pun di mulai, tunggulah beberapa saat sampai proses selesai.

RAR for Android - Membuat Apps.zip

5. Jika sudah selesai, akan ada sebuah file baru hasil proses tadi.

RAR for Android - File ZIP

Sangat mudah bukan untuk membuat file ZIP dan RAR di Android?

Jika kamu mengalami masalah, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

0 Response to "Cara Membuat File ZIP dan RAR Dengan Password di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel