-->

10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Blogger Yang Wajib Dimiliki

Jika kamu merasa lelah berada di depan komputer atau laptop sambil blogging, atau kamu sedang berpergian dan tidak sedang membawa laptop, dan kamu adalah seorang pengguna smartphone android. Maka kamu bisa menggunakan smartphone android tersebut untuk blogging.

Smartphone bisa menjadi alat yang sangat powerful untuk meningkatkan produktivitas kamu sebagai seorang blogger, jika kamu bisa memanfaatkannya dengan sangat baik.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang yang akan membantu kamu dalam blogging. Mulai dari menulis artikel, hingga mengatur semua aset seperti gambar dan foto.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada di Google Play Store, berikut ini adalah 5 aplikasi terbaik untuk blogging yang akan meningkatkan produktivitas kamu sebagai seorang blogger.

1. WordPress

Platform WordPress sudah sangat banyak digunakan oleh blogger. Baik itu untuk blog gratisan: wordpress.com atau pun blog self-hosted: wordpress.org, WordPress banyak diakui sebagai platform blog yang terbaik untuk saat ini.

WordPress

Banyak situs populer yang beredar luas di internet menggunakan platform WordPress. Jika kamu seorang blogger yang menggunakan platform WordPress, maka kamu wajib meng-install aplikasi ini di smartphone kamu.

Install WordPress

2. Blogger

Sama seperti WordPress, Blogspot/Blogger juga merupakan salah satu platform blog yang paling populer di dunia blogging.

Blogger

Platform blog yang dikembangkan oleh Google ini sudah sangat banyak penggunanya. Jika Anda salah satunya, maka kamu wajib menggunakan aplikasi ini agar kamu semakin lancar meng-update tulisan di platform Blogger ini.

Install Blogger

3. Google Analytics

Google Analytics, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Alat wajib bagi semua blogger profesional untuk mengetahui jumlah kunjungan blog.

Google Analytics

Google Analytics ini memiliki aplikasi resminya sendiri di Google Play Store. Hal ini tentu akan memudahkan kamu sebagai seorang blogger untuk memeriksa jumlah kunjungan blog melalui smartphone android.

Fitur yang ada di aplikasi ini ialah:
  • Periksa metrik kunci di laporan bawaan
  • Bandingkan rentang tanggal dan terapkan segmen
  • Pantau data secara real-time
  • Jelajahi untuk membuat laporan Anda sendiri dengan kombinasi metrik, dimensi, dan segmen yang Anda sukai
  • Simpan laporan ke dasbor Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya kembali
Install Google Analytics

4. Google AdSense

Sebagian besar bloger pasti sudah tahu tentang Google AdSense. Bagi publisher Google AdSense, Anda dapat memeriksa semua jenis laporan penghasilan dan sumber pendapatan dengan meng-install aplikasi ini di smartphone android kamu.

Google AdSense

Dengan adanya laporan seperti ini di perangkat smartphone, maka publisher dapat dengan segera mengetahui apa yang terjadi jika ada perubahan penghasilan yang signifikan.

Install Google AdSense

5. Keyboard SwiftKey

Memang, ada banyak sekali aplikasi keyboard yang bisa kalian unduh di Google Play Store. Mulai dari aplikasi keyboard yang mengutamakan tampilan, hingga kaya dengan fitur.

Keyboard SwiftKey

Menurut saya aplikasi keyboard terbaik untuk android adalah Keyboard SwiftKey. Fitur koreksi otomatisnya sangat cocok sekali digunakan untuk kita-kita para blogger yang sering menulis melalui smartphone android.

Entah itu sekedar ngetik draft atau artikel penuh. Tidak akan ada lagi salah ketik. SwiftKey Keyboard memiliki algoritma cerdas yang akan mampu mengidentifikasi kesalahan ketika kamu menulis, kemudian mengoreksinya.

Install Keyboard SwiftKey

6. Evernote

Evernote merupakan salah satu aplikasi penting dan populer bagi penulis, termasuk seorang blogger. Aplikasi ini dapat membantu Anda menyimpan ide-ide segar yang secara tiba-tiba Anda dapatkan untuk keperluan blogging.

Evernote

Catatlah ide-ide tersebut dan simpan di dalam Evernote. Jika Anda ingin menulis konten blog berdasarkan pada ide tersebut, Anda tinggal membuka kembali Evernote untuk ide-ide tadi. Anda juga bisa membuat to-do-list dengan Evernote.

Install Evernote

7. Dropbox Paper

Jika ada yang belum tahu apa itu Dropbox Paper? Dropbox Paper adalah aplikasi catatan yang dikembangkan oleh Dropbox. Memang sudah ada banyak aplikasi sejenis seperti Evernote, Simplenote, dan lain-lainnya.

Dropbox Paper

Saya sudah mencoba semua aplikasi tersebut, dan berdasarkan pengalaman pribadi, Dropbox Paper adalah yang terbaik. Dropbox Paper memiliki tampilan yang simpel namun tetap elegan. Menjadikannya mudah digunakan dan membuat kita bisa fokus ketika mengetik artikel.




Dan kelebihan lainnya, Paper terintegrasi secara penuh dengan Dropbox. Jadi kita bisa memasukkan gambar atau foto yang sebelumnya pernah kita simpan di Dropbox.

Install Dropbox Paper

8. Pocket

Sebagai blogger kita sering browsing artikel-artikel yang ada di internet untuk mencari ide atau sumber bacaan lain demi menghasilkan tulisan berkualitas.

Pocket

Terkadang kita membutuhkan waktu yang banyak untuk membaca tulisan tersebut satu per satu dan terkadang kita lupa isi dari tulisan itu.

Dengan Pocket kita akan lebih mudah menyimpan URL dari tulisan-tulisan tersebut sehingga kita setiap saat bisa kembali membaca tulisan-tulisan tersebut untuk membantu menghasilkan tulisan berkualitas.

Install Pocket




9. PicsArt

PicsArt

Jika Anda seorang blogger yang lebih banyak menggunakan gambar sebagai isi blog Anda, maka Anda wajib menggunakan aplikasi ini. Anda diperkenankan untuk mengedit gambar dengan merubah ukurannya, meng-crop, menambahkan efek dan sebagainya.

Install PicsArt

10. Feedly

Sebagai seorang blogger, kita tentu membutuhkan sumber bacaan. Agar selalu mendapatkan pasokan informasi, atau sekedar ingin mencari inspirasi.

Feedly

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan membaca blog atau website dengan tema yang kita minati. Jika kamu masih mengunjungi website favorit secara manual, maka mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan tersebut.

Karena ada cara yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan Feedly. Feedly bisa mengumpulkan umpan dari website favorit yang kamu ikuti, kemudian menampilkannya di aplikasi.

Jika kamu memiliki banyak website favorit yang sering dibaca, maka Feedly wajib kamu install. Kamu bisa update informasi sekaligus mencari inspirasi untuk bahan artikel selanjutnya yang akan kamu tulis.

Install Feedly



Itulah 10 aplikasi android terbaik untuk blogger. Jika masih ada yang kurang atau Anda ingin menambahkan daftar tersebut silahkan share ke saya melalui kolom komentar dibawah ya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Blogger Yang Wajib Dimiliki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel