-->

Cara Menghapus Cache di Semua Tipe HP Samsung

Satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna Android adalah perangkatnya mendadak lemot atau tidak bisa memasang aplikasi karena penyimpanan memori internalnya penuh.

Biasanya, permasalahan diakibatkan oleh banyaknya data cache atau data singgahan yang tersimpan di memori perangkat.

Data cache merupakan data yang sering digunakan oleh sistem maupun aplikasi. Data-data ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan proses sistem dan aplikasi, karena aplikasi tidak perlu lagi membuat data-data serupa berulang kali.

Namun sayangnya, semakin banyak proses yang dilakukan oleh sistem dan aplikasi, maka tentu saja akan membuat data cache semakin bertambah banyak. Alih-alih mempercepat kerja perangkat, data-data tersebut malah bisa membebani perangkat.

Sebagai solusinya, kamu pun harus sering-sering menghapus data cache dalam perangkat yang kamu gunakan. Nah, bagi kamu pengguna HP Samsung, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan kalian masuk ke Pengaturan.
2. Selanjutnya, cari dan buka opsi Pemeliharaan perangkat.
3. Jika sudah terbuka, silahkan kalian pilih opsi Penyimpanan.
4. Lalu kalian tab HAPUS SKG.

Hapus Semua Data Cahe Samsung




Selain menggunakan cara di atas, kamu bisa menghapus data cache secara manual alias satu per satu pada masing-masing aplikasi. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan kalian masuk ke opsi Aplikasi dari halaman Pengaturan.

hapus data cache samsung

2. Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus data cache-nya.

hapus data cache samsung

3. Masuk ke opsi Penyimpanan.

hapus data cache samsung

4. Lalu kalian tap HAPUS MEMORI dan data cache pada aplikasi tersebut pun sudah terhapus.

hapus data cache samsung

Sebagai catatan, kedua cara diatas bisa digunakan pada semua perangkat-perangkat Samsung yang mengusung sistem Android yang lebih baru, seperti Samsung Galaxy J7 Pro, Samsung Galaxy A6 (2018), Samsung Galaxy J2 Prime, dan lain sebagainya.




Untuk sistem yang lebih lama, seperti Samsung Galaxy S5 dengan sistem operasi android KitKat, kamu bisa melakukannya dengan membuka Storage pada Settings, kemudian pilih Cached data, dan konfirmasi dengan tombol OK.




Atau jika ingin melakukannya satu per satu pada masing-masing aplikasi yang terpasang di perangkat, kamu bisa membuka Application manager, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan, dan ketuk tombol Clear cache.

Oke, semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Cara Menghapus Cache di Semua Tipe HP Samsung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel