10 Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot

Kenapa smartphone Android Saya semakin hari semakin lemot? Apa yang harus Saya lakukan agar hp android Saya tidak lemot lagi?

Sebenarnya menurunnya kinerja handphone android ini bisa disebabkan dari berbagai faktor. Sebelum menangani android lemot, ada baiknya teliti terlebih dahulu kronologisnya agar mudah untuk memperbaikinya.

Yap, karena memang penyebab HP android lemot bisa beragam. Beda kasus beda cara mengatasinya.

Sebelum melangkah lebih jauh, Saya akan memberi gambaran kenapa handphone Android Lemot? Masalahnya apa dan bagaimana cara mengatasi HP android lemot? Oke, mari kita mulai menjawab dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kenapa HP Android Lemot?

Setiap HP dibekali dengan hardware dan operating system android yang disesuaikan agar performanya stabil. Pertama kita memakai HP android yang masih fresh atau baru membukanya dari kardus tentunya terasa begitu nyaman digunakan dan cepat.

Setelah dipakai instal aplikasi ini itu, kecepatan menjadi menurun. Kok bisa? mari kita menuju jawaban yang akan saya ulas sampai akhir artikel ini.

Penyebab HP android Lemot

1. Kebanyakan Menginstall Aplikasi

Memang banyaknya aplikasi di Google Play Store selalu menarik untuk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi yang hanya menarik di awal saja atau bahkan ternyata memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang kita pasang sebelumnya.

Dampaknya, ruang penyimpanan di Android kamu menjadi tersita oleh aplikasi yang sebenarnya tidak berguna.

Menginstal aplikasi yang terlalu banyak akan menyebabkan HP menjadi terasa lemot. Hal ini disebabkan karena setiap Anda menginstal aplikasi, maka ruang yang tersedia di handphone akan berkurang.

Bukan hanya itu, aplikasi yang Anda instal akan berjalan di latar belakang yang akan menyebabkan memori RAM cepat penuh.

Semakin sempit RAM yang tersisa tentunya akan menghambat lalu lintas yang dibutuhkan handphone untuk bekerja secara optimal.

Logika seperti jalan, jika lebar dan sepi maka mobil bisa cepat berjalan. Sebaliknya, jika jalan ramai maka akan macet.

Cara mengatasi HP android lemot karena banyak aplikasi ialah:

Kalian harus menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau memiliki fungsi yang sama.

2. Sisa Memori Internal Tinggal Sedikit

Hampir sama seperti ulasan mengenai RAM diatas, sisakan ruang lebih untuk memori internal android Anda. Setidaknya masih tersisa 25% ruang kosong.

Hapus file yang tidak terlalu penting, gunakanlah memori eksternal atau tambahan yang memiliki kualitas transfer tinggi (hight class).

Pindahkan file atau data yang ada di penyimpanan Internal ke External agar handphone tidak terlalu terbebani.

3. Terlalu Banyak Cache

Bagi kalian yang belum tahu apa itu cache? Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache di HP kita ini akan terus bertambah dan tentu saja cache tersebut akan membuat penyimpanan memori cepat penuh yang kemudian akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Cache ini Saya sudah pernah bahas disini: Mengenal Cache Pada Smartphone, Perlukah Dihapus?

Cara mengatasinya:

Lakukan clear cache setiap seminggu sekali. Caranya silahkan kalian masuk ke Settings -> Apps -> All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya dan pilih Clear Cache.

clear cache

Atau kamu juga bisa sekaligus membersihkan cache pada Android kamu melalui menu Settings -> Storage -> Cached Data dan pilih OK saat ada pop up.

Cached Data

4. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan

Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan menurunkan performa kecepatan RAM, ini akan membuat kinerja smartphone Anda menjadi lambat. Itulah sebabnya sangat disarankan agar tidak membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Banyak pengguna Android yang senang berkreasi atau mengeksplore banyak aplikasi di smartphone mereka secara bersamaan dan tidak sadar bahwa kegiatan tersebut membuat perangkat mereka menjadi lambat.

Jika Anda memang suka bermain-main dengan beragam aplikasi di Android, maka sebaiknya Anda membukanya satu per satu saja. Tutup salah satu aplikasi jika ingin membuka aplikasi lainnya untuk mencegah perangkat Anda melambat. Caranya silahkan kalian buka resent app lalu kalian geser ke samping aplikasi yang ingin kalian tutup.

resent app

5. Hentikan Secara Paksa Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Sebagian aplikasi tidak akan terhenti jika kalian hanya menekan tekan tombol HOME atau menghapusnya di resent app saja.

Kalian harus menghentikan secara paksa aplikasi tersebut caranya dengan masuk ke Settings -> Apps, lalu pada tab Running pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable.

disable apps




6. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Sebagian besar wanita suka menggunakan Live Wallpaper pada perangkat Android mereka dengan tujuan untuk memperindah tampilan smartphone tersebut. Namun tanpa disadari hal tersebut juga akan membuat smartphone Anda menjadi lambat.

Live Wallpaper

Untuk membantu mempercepat loading smartphone Anda, maka disarankan untuk tidak menggunakan live wallpaper ini. Gunakanlah gambar yang sederhana untuk wallpaper Android Anda, agar kecepatan loading-nya kembali stabil dan maksimal.



7. Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu yang membuat Android tampak menarik adalah adanya Widget. Bukan cuma memperindah tampilan homescreen Android kamu, tapi Widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait.

widget android

Meski membuat Android kamu tampak indah dan mempercepat akses ke aplikasi, namun hal ini juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Dampaknya, Android kamu menjadi lambat.

Maka dari itu, kurangi penggunaan Widget untuk mengatasi Android yang mulai lemot.

8. Matikan Fitur Auto-Sync

Untuk tetap terhubung dengan semua akun yang terpasang di Android kamu, fitur Auto-Sync harus diaktifkan.

Fitur Auto-Sync

Namun hal ini berdampak besar pada kinerja Android kamu. Maka mematikan Auto-Sync sangat bermanfaat untuk mengatasi Android kamu yang lambat, namun dampaknya kamu harus membuka secara manual aplikasi seperti Email atau Kalender.

9. Terlalu Banyak Akun Email

Penyebab android lemot juga bisa hadir dari banyaknya akun email yang terpasang di handphone android Anda.

terlalu banyak akun email di android

Nah, kenapa bisa membuat handphone android lemot jika kita menggunakan banyak akun email di handphone android?

Ketika kita multi login akun. Setiap akun akan berjalan dan juga melakukan auto syncron yang tentunya akan membebani RAM dan juga CPU.

Jika Anda masih ragu, Anda bisa mencoba membandingkan HP menggunakan satu akun email dengan HP yang menggunakan banyak email.



10. Selalu Update Software & Aplikasi

Setiap ada pemberitahuan update software, segera lakukan update. Hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem versi sebelumnya. Karena biasanya update itu bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Meski kadang ditemui kenyataan bahwa setelah update justru semakin buruk, namun pihak pengembang pasti tidak akan tinggal diam saja jika memang ditemui ada masalah pada sistemnya. Selalu luangkan waktu untuk memeriksa update software di menu Settings -> About -> System Update lalu pilih Check for Updates.

update software android

Hal ini juga berlaku untuk aplikasi yang kamu gunakan. Saat ada pemberitahuan update aplikasi di Google Play Store, luangkan waktu untuk segera melakukan update. Periksa aplikasi yang membutuhkan update pada tab My Apps & Games di Google Playstore.

update aplikasi di google play store

Sampai disini, bagaimana? apakah handphone android anda sudah cepat?

Atau handphone android tetap saja lemot?

Perlu kalian ingat, bahwa performa android tidak selalu ditentukan oleh RAM yang besar atau prosesor yang cepat, tapi tergantung bagaimana kamu menjaga performanya agar tetap cepat dan tidak lemot.




Semoga dengan membaca artikel ini bisa membuat handphone kalian mengalami perubahan yang tadinya lambat menjadi kembali normal.

Sumber

https://www.maxmanroe.com/tips-cara-mengatasi-smartphone-android-yang-lambat-lemot.html
https://www.wahanarupa.com/mengatasi-hp-android-lemot/
https://jalantikus.com/gadgets/cara-mengatasi-android-lemot/

0 Response to "10 Cara Ampuh Mengatasi Android Yang Super Lemot "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel