Mengenal Cache Pada Smartphone, Perlukah Dihapus?

Menghapus Cache Smartphone Android

Bagi sejumlah besar pengguna smartphone, istilah cache mungkin tidak lagi terdengar asing di telinga. Apalagi bagi kalian yang memiliki permasalahan di penyimpanan memori internal smartphone, sudah pasti kamu sering menghapusnya.

Pengertian dan Kegunaan Cache Pada Smartphone

Cache adalah sebuah data sementara yang di buat oleh aplikasi yang bertujuan untuk mempercepat proses loading.

Maksudnya adalah aplikasi yang sering banget di buka, tidak perlu memproses data lagi ketika menjalankan perintah yang sama. Jadi, loading aplikasi akan terasa cepat.

Contohnya seperti membuka aplikasi instagram, dengan adanya cache, foto yang telah dimuat sebelumnya tidak perlu di unduh ulang lagi jika kita membuka instagram untuk kedua kalinya. Makanya proses loading akan lebih cepat daripada saat membuka instagram untuk pertama kalinya.

Di sisi lain, dampak buruknya adalah membuat penyimpanan memori internal smartphone cepat penuh karena menumpuknya cache. Semakin besar ukuran aplikasi, semakin besar pula penyimpanan yang terkuras oleh cache.

Tak heran ketika kapasitas penyimpanan memori internal menipis, sebagian orang menghapus cache.

Nah, jika kalian sering menghapus cache, kalian wajib perlu mengetahui apa saja manfaat baik dan dampak buruk dari menghapus cache, berikut ini penjelasannya.

Manfaat Baik Menghapus Cache

Jika kita menghapus cache tentu manfaat baiknya adalah membuat penyimpanan memori internal lega.

Selain itu, cache yang terlalu banyak dan menumpuk, menyebabkan smartphone menjadi lemot, hingga menyebabkan hang.

Terlebih lagi aplikasi yang biasanya sering error seperti macet atau lag, juga bisa kembali berjalan normal setelah menghapus cache.

Tidak jarang juga pengguna smartphone yang malas menghapus cache karena takut data yang tersimpan ikut terhapus atau hilang. Jika Anda adalah salah satunya, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Cache itu hanyalah sebuah sampah (data sementara yang tidak terlalu penting), sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan data apa pun setelah menghapusnya.

Dampak Buruk Menghapus Cache

Walaupun secara keseluruhan menghapus cache tidak akan berdampak buruk pada smartphone, tetapi ada efek lain yang mungkin akan membuat kesal orang.

Pasalnya ketika cache dihapus, loading aplikasi akan lebih lama dari sebelumnya. Karena aplikasi tersebut membutuhkan waktu untuk memuat kembali data yang diperlukan.

Contohnya ketika kamu membuka instagram setelah menghapus cache, maka tampilan depan instagram hanya layar putih saja.

Instagram Memulai Ulang

Itu artinya instagram sedang mengunduh ulang kembali foto dan video, akibatnya loading akan lebih lama dan kouta internet kamu ikut terkuras.

Apakah Cache Perlu Dihapus?

Jawabannya tergantung, jika penyimpanan memori internal smartphone kamu sudah sesak atau smartphone kamu sudah mulai terasa lemot sebaiknya kamu hapus. Tapi jika sebaliknya, sebaiknya jangan dihapus.

Cara Mengapus Cache di Android

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache di smartphone Android kamu.

1. Menghapus Cache Menggunakan Aplikasi

Anda dapat dengan mudah menghapus cache di smartphone Android kamu dengan menggunakan aplikasi yang tersedia gratis di Play Store. Aplikasi yang Saya rekomendasikan untuk menghapus cache adalah 360 Security, Clean Master dan Du Cleaner.

2. Menghapus Cache Secara Manual

a. Menghapus Cache Aplikasi

Kamu dapat menghapus cache secara manual dengan cara membuka Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache > HAPUS CACHE.

b. Menghapus Seluruh Cache Aplikasi

Kamu dapat menghapus seluruh cache aplikasi secara manual dengan cara membuka Setelan > Penyimpanan > Data dalam cache > OKE.

Sekian artikel mengenai cache pada smartphone, jika kamu mengalami masalah atau ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis

Macam - Macam Text Editor