Cara Screenshot di Laptop Windows

Jika sobat baru menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows, mungkin sobat akan kebingungan jika ingin screenshoot. Nah, kali ini Saya akan membahas Cara Screenshot di Sistem Operasi windows , silahkan simak.

1. Screenshot Layar Penuh

Jika sobat ingin screenshot caranya sangat mudah sekali, sobat hanya menekan tombol Print Screen yang berada di keyboard.

Setiap laptop memiliki perbedaan label Print Screen ada yang PrtSc, PrtScn dan lain-lain. Mungkin di beberapa laptop mengharuskan sobat menekan tombol kombinasi Fn+Print Screen.

Maka secara otomatis screenshot akan tersimpan di clipboard, buka aplikasi Paint, lalu tempel dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+V , maka hasil screenshot akan terlihat di kanvas.


Simpan hasil screenshot dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+S , maka akan muncul jendela baru. Silahkan isi nama file sobat dan pastikan formatnya PNG lalu klik Simpan atau Save.


Maka hasil screenshot Saya akan seperti ini :


Cara ini juga bisa digunakan pada aplikasi pengelola grafis seperti photoshop, gimp dan lain-lain.

2. Screenshot Jendela Aktif

Sebenarnya hampir sama dengan screenshot jendela penuh yang membedakan hanya pada screenshot yang diambil pada jendela aktif saja, caranya dengan menekan tombol kombinasi Alt+Print Screen , lalu tempel pada aplikasi pengelola grafis.

Maka hasil screenshot Saya akan seperti ini :


3. Sreenshot Langsung Tersimpan

Jika tadi sobat screenshot dengan cara menekan tombol Print Screen, lalu menempelnya pada aplikasi pengelola grafis, sebenarnya tidak masalah dengan cari ini. Tapi jika yang diambil screenshot nya banyak sekali pasti akan melelahkan dengan cara ini.

Masih untung untuk sistem operasi Windows 8.1 ke atas, sobat tidak perlu melakukan hal itu lagi karena di  Windows 8.1 punya cara baru screenshot yang hasilnya akan langsung tersimpan secara otomatis.

Caranya dengan menekan tombol kombinasi Win+Print Screen, maka layar akan berkedip dan secara otomatis screenshot akan tersimpan di folder Pictures > Screenshot.


4. Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool merupakan alat bawaan Windows Vista, 7, 8 dan 10 tidak tersedia untuk Windows XP. Yang digunakan untuk mengambil screenshot dengan fitur yang tersedia.

Untuk membuka Snipping Tool sobat klik Search dan ketikan Snipping Tool pada kolom pencarian, bukalah alat tersebut.


 Setelah itu kamu klik New.


Tentukan area yang ingin kamu ambil dengan cara mendrag menggunakan Mouse. Setelah itu muncul jendela baru klik saja Save Snip untuk menyimpan screenshot.


Bagaimana apakah sobat sudah bisa screenshot? jika sobat tidak berhasil silahkan berkomentar.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

Kumpulan Pantun Jenaka