Belajar HTML Bagian 1 : Pengertian, Fungsi Dan Sejarah HTML Yang Sobat Perlu Ketahui

Jika sobat ingin membuat website, maka sobat harus mempelajari HTML. HTML merupakan bahasa dasar dari semua halaman website yang sobat lihat di internet. Apakah sobat tahu apa itu HTML? jika tidak tahu, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, yang terdiri dari dua bagian, yaitu Hypertext dan Markup Language.

Hypertext adalah teks yang saling berhubungan dengan dokumen lain dengan cara menklik teks tersebut atau biasa di sebut dengan Hyperlink.

Markup Language merupakan bahasa untuk menandai bagian-bagian teks, misalnya teks yang di tandai akan menjadi tebal. Tanda seperti ini dikenal sebagai Tag.

HTML adalah bahasa dasar untuk membuat website yang bisa diakses oleh pengguna. Dengan kata lain halaman website yang sobat lihat menggunakan bahasa HTML yang kemudian diterjemahkan oleh browser agar dapat dipahami pengguna.

Jika sobat ingin melihat bahasa HTML, silahkan klik kanan halaman ini di sembarang tempat, lalu pilih "Lihat Sumber Laman" jika sobat menggunakan Chrome, untuk Firefox "Lihat Kode Sumber Laman".

Jika sobat merasa pusing melihat bahasa HTML, tenang sobat tidak sendiri, Saya juga mengalami hal yang sama. Namun, sobat akan mengerti bahasa HTML jika belajar mendalaminya dengan sungguh-sungguh.

Sejarah HTML

HTML diciptakan oleh perusahaan penjual perangkat keras dan lunak yakni IBM (International Bussiness Machines). Sekitar tahun 1980, IBM menciptakan sebuah bahasa yang menggabungkan tag atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen.

Bahasa yang diciptakan IBM tersebut dikenal dengan sebutan GML (Generalized Markup Language). Selanjutnya ditahun 1986, ISO (International Standart Organization) mengeluarkan pernyataan bahwa GML diubah sebutannya menjadi SGML (Standard Generalized Markup Language) ditetapkan sebagai standar dalam membuat berbagai dokumen yang bisa membantu dalam bisnis maupun pekerjaan lainnya.

Di tahun 1989, Tim Barners Lee dari organisasi CERN (European Organization for Nuclear Research) mencetuskan ide untuk menciptakan suatu bahasa pada dokumen yang kemudian dikenal sebagai HTML. HTML sendiri adalah bagian dari SGML dan Tim Barners Lee diketahui sebagai orang yang menciptakan HTML. Saat ini pengunaan dan pengembangan HTML diatur oleh W3C (Word Wide Web Consortium).

Mengenal HTML Lebih Dekat

HTML bukanlah bahasa pemrograman tetapi bahasa markup, kenapa begitu soalnya dalam HTML tidak akan di temukan struktur yang bisa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, maupun Variabel. HTML hanya sebuah struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah dokumen.

Selain HTML, ada juga xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language, xHTML merupakan versi lama dari HTML sebelum HTML 5 hadir. xHTML menggunakan aturan penulisan yang ketat.

Versi terbaru HTML adalah HTML 5. HTML 5 memiliki beberapa fitur baru tapi masih tetap ada fitur HTML versi sebelumnya, yakni HTML 4 dan xHTML.

Terdapat banyak bahasa pemrograman yang digunakan untuk memanipulasi kode HTML, yang paling sering digunakan yaitu JavaScript dan PHP. Sebelum sobat belajar JavaScript dan PHP, sobat harus memahami HTML lebih dulu.

Untuk menjalankan file HTML sobat harus mempunyai browser, silahkan baca disini.

0 Response to "Belajar HTML Bagian 1 : Pengertian, Fungsi Dan Sejarah HTML Yang Sobat Perlu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel