Belajar HTML Bagian 2 : Pengertian Browser Dan Memahami Fungsinya

Setelah sobat mempelajari pengertian HTML di artikel Saya sebelumnya. Kali ini Saya akan membahas tentang browser.

Pengertian Browser

Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Salah satu informasi yang di terima adalah format HTML.

Kode HTML yang sobat buat akan diterjemahkan oleh browser lalu akan ditampilkan halaman web yang sesuai dengan dirancang. Pada umumnya setiap browser dapat menerjemahkan kode HTML namun setiap browser memiliki perbedaan dalam menerjemahkan kode HTML.

Seperti contoh tag berikut ini :

<input type="date" name="date">

Jika dibuka di Firefox akan tampil teks input biasa, tapi kalau di Chrome akan tampil pilihan kalender.

Perbedaan aturan penerjemahan kode HTML di setiap browser menjadi tantangan bagi web programmer.

Untuk mengatasi perbedaan aturan penerjemahan kode HTML disetiap browser, maka didirikanlah sebuah badan satandarisasi dunia yaitu W3C (Word Wide Web) yang dikhususkan untuk mengatur, merancang dan menangani web. Tujuannya adalah untuk menetapkan standar yang sama disetiap browser. Namun pada penerapannya standar ini hanya rekomendasi, tidak semua browser mengikuti standar tersebut dan ada beberapa diantarannya membuat standar sendiri.

Salah satunya Internet Explorer, pada sekitar tahun 2002 sampai 2003 hampir 95% browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah Internet Explorer. sedangkan browser Opera yang menerapkan standar W3C tidak terlalu begitu populer.

Sekarang Internet Explorer tidak sekuat dulu, karena munculnya pesaing baru seperti Chrome yang menawarkan fitur yang lebih bagus daripada Internet Explorer. Sekarang Internet Explorer juga menerapkan standar W3C termasuk di browser terbaru mereka yaitu Microsoft Edge.

Penggunaan Browser Terbanyak

Bedasarkan market share di situs w3school.com yang diakses per Agustus 2017, Google Chrome menduduki posisi pertama dengan persentase 76.9%, yang dilanjutkan dengan Firefox diposisi kedua persentase 13,1%.


Kalau menurut Saya kenapa Chrome paling banyak digunakan adalah dapat menyimpan secara otomatis riwayat browser ke akun Google sobat, memiliki banyak sekali plugin yang sobat bisa gunakan dan tampilan aplikasi Chrome sangat elegan.

Unduh Browser

Untuk mempelajari HTML, sobat harus memasang browser jika tidak dipasang sama saja sobat sia-sia membuat HTML tanpa memlihat tampilan halaman sobat dibrowser.

Sobat bebas memasang browser apa saja tapi usahakan pilih browser yang populer saat ini, berikut ini beberapa browser yang populer saat ini dan silahkan klik untuk mengunduhnya.











Terdapa browser yang secara khusus untuk digunakan web developer yaitu Firefox Developer, jika berminat silahkan klik untuk mengunduhnya.



Selain browser ada aplikasi lagi yang harus sobat butuhkan untuk mempelajari HTML, yaitu Aplikasi Text Editor.

0 Response to "Belajar HTML Bagian 2 : Pengertian Browser Dan Memahami Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel