Belajar HTML Bagian 3 : Memilih Aplikasi Text Editor

Text Editor adalah sebuah aplikasi untuk menulis sebuah teks, kode HTML adalah sebuah teks biasa namun jika kode HTML tersebut dijalankan dibrowser maka akan diterjemahkan oleh browser lalu menampilkan halaman web yang sesuai dengan yang dirancang.

Jika sobat ingin membuat kode HTML, sobat perlu menggunakan aplikasi Text Editor. Sobat juga bisa menggunakan Text Editor seperti aplikasi bawaan sistem operasi Windows yaitu Notepad. Namun untuk tutorial kali ini Saya menggunakan Text Editor yang lain, berikut ini beberapa aplikasi Text Editor yang ringan namun penuh dengan fitur yang akan sangat membantu sobat dalam proses coding (penulisan kode) HTML.

Notepad++


Aplikasi Notepad++ hanya tersedia untuk sistem operasi Windows pada saat artikel ini ditulis. Aplikasi ini berukuran 2,8MB untuk versi 7.5.1. Saya menggunakan aplikasi ini karena penuh dengan banyak fitur seperti Syntax Highlighting yang berfungsi untuk pewarnaan kode yang memudahkan sobat dalam membaca kode HTML, aplikasi ini juga bisa dipasang plugin yang akan menambah fungsionalitas aplikasi tersebut dan aplikasi ini gratis. Sobat bisa mengunduhnya dialamat http://notepad-plus-plus.org/download/

Sublime Text


Aplikasi Sublime Text merupakan aplikasi berbayar, namun sobat dapat menggunakan versi demonya secara gratis dan tidak ada pembatasan penggunaan dalam versi demonya. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan Mac, sobat dapat mengunduhnya dialamat https://www.sublimetext.com

Bagaimana Dengan Adobe Dreamweaver?

Aplikasi Dreamweaver merupakan aplikasi Text Editor yang populer, karena Adobe Dreamweaver menyediakan fitur yang sangat melimpah untuk membuat halaman web dengan kode HTML. Selain itu aplikasi ini mendukung berbagai macam bahasa pemrograman web lainnya.

Namun aplikasi ini sangat tidak cocok untuk sobat yang baru belajar HTML, karena aplikasi ini ukurannya sangat besar yang akan banyak memakan memori komputer sobat dan membutuhkan spesifikasi komputer yang lumayan.
Alternatif lain untuk aplikasi Text Editor lainnya yang bisa sobat gunakan antara lain Atom, Komodo Edit, Net Beans dan lain-lainnya.
Silahkan pilih salah satu Text Editor yang nanti akan sobat gunakan pada pembahasan mengenai Cara Menjalankan File HTML.

Comments

Popular posts from this blog

20 Template Blogger SEO Friendly dan Responsive Gratis

Cara Menginstall Phoenix OS Pada Windows 10

Cara Menghapus Antivirus Avast Dengan Benar

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Menggunakan Rufus

Cara Mengatur Posisi dan Tampilan Gambar di HTML

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Windows 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

4 Template Blogger Buatan Mas Sugeng Yang Dibagikan Secara Gratis

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk PC/Laptop

41 Latar Belakang Abu-abu Yang Cocok Untuk di Desain

Kumpulan Pantun Jenaka