2 Cara Reset Windows Firewall Ke Pengaturan Semula

Setiap komputer dengan sistem operasi Windows selalu dilengkapi dengan aplikasi Windows Firewall. Aplikasi ini berfungsi untuk melindungi komputer dari serangan malware atau program jahat lainnya yang menyebar melalui jaringan internet.

Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan melakukan filter dan memutuskan data-data yang dikirim melalui jaringan internet yang dianggap mencurigakan. Dengan menggunakan Windows Firewall ini maka komputer akan senantiasa aman dan terjaga karena Windows Firewall akan langsung bekerja saat komputer sobat dinyalakan.

Jika sobat merubah pengaturan Windows Firewall atau menonaktifkannya, maka serangan malware atau program jahat lainnya akan sangat besar menyerang komputer sobat. Cara paling efektif untuk mengembalikan pengaturan Windows Firewall ke semula ialah dengan mereset Windows Firewall ke pengaturan semula.

Ada 2 cara untuk mereset Windows Firewall ke pengaturan semula, berikut ini caranya.

1. Cara Reset Windows Firewall

1. Buka Search Windows yang berada di taksbar, lalu ketikan Windows Firewall with Advanced Security dan tekan Enter.


2. Maka akan muncul jendela Windows Firewall with Advanced Security, silahkan arahkan kursor ke Windows Firewall with Advanced Security on Local Computer lalu klik kanan. Maka akan muncul opsi, silahkan sobat pilih Restore Default Policy.


3. Maka akan muncul jendela peringatan, klik saja Yes.


4. Jika muncul jendela seperti gambar dibawah ini, itu tandanya sobat telah berhasil mereset Windows Firewall ke pengaturan semula. Silahkan klik OK untuk menutup jendelanya.



2. Cara Reset Windows Firewall Menggunakan Command Prompt (Admin)

1. Arahkan kursor mouse ke ikon Start lalu klik kanan, silahkan sobat klik Command Prompt (Admin).


2. Maka akan muncul jendela peringatan, klik saja Yes.


3. Setelah Command Prompt terbuka silahkan ketikan perintah dibawah ini.

netsh advfirewall reset


4. Jika sudah diketikan silahkan tekan Enter, jika muncul tulisan Ok. berarti sobat telah berhasil mereset Windows Firewall ke pengaturan semula.


Setelah selesai melakukan reset Windows Firewall baik itu cara pertama atau kedua akan lebih baik restart komputer sobat. Setelah selesai restart maka Windows Firewall akan memiliki pengaturan seperti semula.

Windows Firewall akan terus-menerus memberi perlindungan untuk pengalaman internet yang lebih aman. Karena setiap program yang meminta jaringan internet, maka akan muncul jendela pemberitahuan dari Windows Firewall untuk mengizinkan program tersebut atau tidak sesuai keinginan sobat. Contoh gambarnya seperti dibawah ini.


Nah, jadi kalau ada program yang mencurigakan, sobat bisa klik Cancel, untuk tidak memberikan akses internet ke program tersebut dan jika ingin memberikan akses internet ke program tersebut silahkan klik Allow access.

Itulah 2 cara mereset Windows Firewall ke pengaturan semula, terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "2 Cara Reset Windows Firewall Ke Pengaturan Semula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel