-->

Cara Membuat Tulisan Matematis Pada HTML Dengan Tag sup dan Tag sub

Mungkin Anda pernah melihat disebuah website yang membahas tentang kimia, seperti rumus kimia H2O dan website yang membahas tentang matematika, seperti perpangkatan 23, lalu bagaimana cara dia membuat tulisan matematis tersebut pada HTML. Nah, Anda berkunjung ke blog yang tepat, karena pada artikel kali ini kita akan mempelajari Cara Membuat Tulisan Matematis Pada HTML Dengan Tag sup dan Tag sub.

Penggunaan dan Penulisan Tag sup Dalam HTML

Tag <sup> merupakan singkatan dari Superscript, yaitu sebutan untuk karakter kecil yang berada diatas sebuah huruf. Biasanya superscript digunakan untuk perpangkatan, seperti 23 (Angka 3 termasuk kedalam superscript). Penulisan 23 dalam HTML, seperti ini 2<sup>3</sup>. Tag <sup> termasuk kedalam tipe inline element, yang akan ditampilkan oleh web browser pada baris yang sama dengan tag yang berada disekitarnya.

Berikut ini contoh penulisan tag <sup> dalam HTML :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    2<sup>3</sup> + 3<sup>3</sup> = 8 + 27 = 35
</body> 
</html>
Tag sup

Penggunaan dan Penulisan Tag sub Dalam HTML

Tag <sub> merupakan singkatan dari Subscript, yaitu sebutan untuk karakter kecil yang berada dibawah sebuah huruf. Biasanya subscript digunakan untuk rumus kimia, seperti H2O (Angka 2 termasuk kedalam subscript). Penulisan H2O dalam HTML, seperti ini H<sub>2<sub>O. Tag <sub> termasuk kedalam tipe inline element, yang akan ditampilkan oleh web browser pada baris yang sama dengan tag yang berada disekitarnya.

Berikut ini contoh penulisan tag <sub> dalam HTML :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
    H<sub>2</sub>O
</body> 
</html>
Tag sub

Untuk membuat tulisan matematis yang cukup kompleks, Anda tidak bisa menggunakan HTML saja, namun Anda juga harus menggunakan CSS dan JavaScript. Untuk membuatnya kita juga harus menggunakan bahasa pemrograman web yang lain, seperti notasi LaTeX.
Untuk mebuat karakter kecil yang berada diatas sebuah huruf (superscript) dalam CSS, kita bisa menggunakan properti vertical-align: super; font-size: smaller;
Untuk membuat karakter kecil yang berada dibawah sebuah huruf (subscript) dalam CSS, kita bisa menggunakan properti vertical-align: sub; font-size: smaller;
Pada artikel selanjutnya kita akan mempelajari Cara Membuat Kutipan (quote) Pada HTML Dengan Tag blockquote dan Tag q.

0 Response to "Cara Membuat Tulisan Matematis Pada HTML Dengan Tag sup dan Tag sub"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel